Umpan dan Cara Mancing Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan salah satu ikan predator sehingga untuk menentukan umpan dan mancing ikan gabus tidak terlalu susah. Ikan gabus memiliki banyak nama seperti ikan dolak, ikan bocek, ikan haruan, ikan kocolan, ikan kutuk dan berbagai nama lain dibeberapa wilayah.

Sebelum memancing ikan gabus dan menentukan umpan ikan gabus maka kita perlu tahu terlebih dahulu habitatnya. Ikan gabus biasa hidup didaerah sungai, danau, parit dan genangan air, ikan gabus merupakan ikan yang kuat dan cepat beradaptasi sehingga mampu hidup diberbagai jenis air tawar.

Baca Juga : Umpan Ikan Bawal

Berikut ini Umpan dan Cara Mancing Ikan Gabus

Spot Ikan Gabus

Sebelum menentukan umpan dan cara mancing ikan gabus kita perlu pertama kita perlu tahu dulu dimana persembunyian ikan gabus di spot mancingnya.

Jika Anda memancing ikan gabus di danau carilah tempat yang lebih dangkal disisi pinggir dan terdapat rumput, kayu, pohon atau tempat berlindung lainnya. Ikan gabus suka berteduh dan menunggu pasif mangsangya dan ikan gabus sangat territorial terutama jika ikan gabus tersebut berukuran besar, ikan gabus berukuran kecil cenderung lebih aktif mencari mangsa daripada yang berukuran besar.

Jika mancing ikan gabus disungai carilah lokasi tikungan sungai yang rimbun dan terhalang dari arus, ikan gabus kurang menyukai tempat yang berarus kencang dan cenderung berdiam di tempat yang terdapat penahan arus sungai.

Cara Mancing Ikan Gabus

Casting

Salah satu metode mancing gabus favorit saya, casting merupakan cara mancing menggunakan piranti pancing seperti Joran, reel baik baitcasting atau spinning dan menggunakan lure (umpan tiruan). Jika Anda bingung memilih reel pancing bisa baca reel pancing terbaik.

Mancing ikan gabus menggunakan teknik casting sangatlah mudah karena ikan gabus merupakan ikan predator territorial dan siap menghajar apa saja yang masuk kewilayahnya, jadi memilih umpan tiruan untuk ikan gabus tidaklah sulit, Anda bisa menggunakan jump frog, soft frog, soft lure, stick wtd atau mini popper.

Memilih umpan castin untuk ikan gabus juga perlu disesuaikan ukurannya, untuk ikan gabus berukuran sedang cukup menggunakan lure berukuran sedang jika menggunakan jump frog ukuran 10-15gr sudah cukup.

Teknik koncer

Teknik koncer merupakan teknik tradisional untuk mancing ikan gabus, cara ini cukup mudah dan santai karena tidak seperti casting yang banyak menghabiskan banyak energi.

Untuk koncer gunakan senar yang pendek atau jika menggunakan reel saat meninggalkan pancing sebaiknya gulung senar agar tidak sisa terlalu banyak di air karena saat dimakan ikan gabus akan lari ke semak semak tempat berlindungnya. Gunakan juga senar pancing kecil dan kuat agar tersamarkan didalam air.

Untuk umpan ikan gabus akan dibahas dibawah ini.

Baca Juga : Cara Memilih Reel Pancing

Umpan Ikan Gabus

Katak

Tidak ada lawan, katak merupakan umpan ikan gabus paling killer. Saya selalu mengutamakan katak saat mancing ikan gabus, hampir tidak pernah gagal kecuali sedang cuaca buruk memang tidak terdapat ikan gabusnya ditempat mancing.

Saat menggunakan katak sebagai umpan ikan gabus kaitkan kail pada punggung dan usahakan usahakan katak tidak tenggelam. Gunakan senar pancing pendek agar katak tidak lari kedarat. Ingat pastikan katak tidak tenggelam, katak yang mengambang akan menimbulkan gemercik air yang dapat menarik perhatian ikan gabus agar segera memangsanya.

Cicak

Umpan killer nomor dua setelah katak, biasanya saya pakai jika memang musim susah mencari katak, cicak mudah didapatkan bahkan dilangit langit kamar.

Baca Juga : Umpan Ikan Lele

Cara menggunakan cicak untuk umpan ikan gabus kurang lebih sama dengan menggunakan katak, kaitkan dipunggung dan pastikan tidak tenggelam agar menarik perhatian ikan gabus.

Bekicot

Meski tidak seampuh katak, bekicot juga bagus untuk mancing ikan gabus. Ambil bagian dalam dan kaitkan ke kail, jangan cuci bekicot agar aromanya mengundang ikan gabus untuk mendekat dan memangsanya.

Cacing Tanah

Sebenarnya tidak saya rokemendasikan menggunakan cacing untuk mentarget ikan gabus, karena ukurannya yang terlalu kecil sehingga sebelum ikan gabus memangsa akan lebih dulu dimakan oleh kecil lain seperti sepat, betook dan ikan lainnya.

Jika menggunakan cacing sebagai umpan ikan gabus usahakan gunakan cacing berukurang relatif besar dan jangan potong, gunakan keseluruhan cacing.

Jika Anda mau mancing di laut atau atau sungai yang memiliki muara dilaut sebaiknya baca kalender mancing agar waktu mancing Anda sesuai dengan pasang surut.

Sekian, tips umpan dan cara mancing ikan gabus semoga bermanfaat untuk Anda, selamat memancing.

Baca Juga : Umpan Ikan Mas

Tinggalkan komentar