Daftar Umpan Ikan Lele Alam Liar dan Galatama Ampuh

umpan ikan lele

Tidak hanya memancing di laut(saltwater) yang menyenangkan, ternyata memancing air tawar juga tidak kalah seru. Salah satu target utama memancing di air tawar adalah ikan lele, meski sama-sama ikan lele ternyata umpan ikan lele juga bisa berbeda tergantung kebiasaan di habitatnya.

Terlebih jika lele galatama, biasanya ikan lele yang dipelihara lebih manja. Bukan hanya lele saja, hampir semua ikan dalam kolam atau penangkaran biasanya tidak lebih aktif ketimbang di alam liar.

Baca Juga : Daftar Senar Pancing Kecil dan Kuat

Sebelum membahas umpan ikan lele, mari kita ketahui dulu tentang ikan lele agar lebih mudah menentukan umpan yang tepat.

Clarias atau lebih dikenal dengan nama ikan lele adalah ikan yang hidup di air tawar, kecuali ikan lele laut yang masuk dalam marga Ariidae.

Ikan lele mudah dikenali karena tubuhnya yang berlendir dan licin. Lendir pada ikan lele berfungsi untuk melindungi diri dari gesekan dengan air dan jamur karena ikan lele tidak mempunyai sisik.

Ikan lele juga mempunyai sungut yang berfungsi sebagai indra peraba dan perasa untuk mendeteksi makanan. Karena itu untuk membuat umpan ikan lele kita butuh aroma yang cukup kuat untuk merangsang indra perasa.

Habitat asli ikan lele di sungai, rawa rawa, telaga atau genangan lainnya yang mempunyai sambungan ke sungai atau persawahan.

Ikan lele lebih aktif pada malam hari (nocturnal), sedangkan pada siang hari ikan lele lebih sering berlindung didasar atau ditempat gelap.

Pada habitat aslinya, ikan lele memijah saat memasuki musim penghujan. Pada musim tersebut ikan lele keluar dari sarangnya dan menyebar.

Saat memasuki musim penghujan merupakan waktu yang paling tepat untuk memancingnya.

Baca Juga : Umpan Ikan Mas Jitu

Umpan Ikan Lele di Alam Liar

Kembali pada point pembahasan, yaitu cara memilih atau membuat umpan ikan lele. Dalam memancing ikan umpan tidak bisa disamakan, kita perlu melihat lingkungan habitatnya.

Pada alam liar ikan lele termasuk ikan yang sangat rakus dan memakan apapun yang ada didepannya. Jadi untuk memilih umpan ikan rakus satu ini yang habitatnya di alam liar tidak terlalu susah.

Cacing Tanah

umpan ikan lele dengan cacing tanah

Salah satu umpan favorit saya dalam memancing ikan lele. Selain cacing tanah mudah kita temukan di alam liar, terlebih jika kontur tanah lembab dan banyak pepohonan.

Cacing tanah terbukti sangat ampuh untuk mendapatkan ikan bersungut satu ini.

Saat menggunakan cacing tanah sebagai umpan, sebaiknya usahakan untuk tidak memotongnya. biarkan melebihi hook atau kail. Kelebihan dari tubuh cacing yang menggantung dapat menarik perhatian ikan lele untuk segera menelannya.

Jangkrik atau Belalang

jangkrik umpan lele

Jika daerah atau spot target memancing ikan lele banyak belalang atau jangkrik, Anda bisa menggunakannya untuk memancing ikan lele.

Anda bisa mencoba dengan mengaitkan hook pada punggung belalang atau mengaitkan dari belakang ataupun sebaliknya.

Sebagai catatan sebaiknya saat menggunakan belalang atau jangkrik sebagai umpan jangan buang bulu atau sayapnya, biarkan umpan tersebut nampak alami.

Saya pernah mencoba beberapa kali menggunakan belalang dan jangkrik dan sangat ampuh untuk memancing ikan lele.

Tetapi jarang saya gunakan sebagai umpan, selain karena daerah saya tidak terlalu banyak, menangkapnya juga tidak semudah menggali tanah untuk menemukan cacing.

Kroto atau Jenis Ulat Ulatan Lainnya

ulat ikan lele

Jika sedang malas mencari umpan di alam liar saya biasa mendatangi tempat penjual makanan burung, biasanya banyak kroto atau jenis ulat lainnya.

Selain simple tinggal beli dan bawa ke spot memancing, ulat dan kroto juga ampuh untuk memancing ikan lele di alam liar.

Kroto atau ulat tidak mempunyai lendir pada tubuhnya, sehingga cukup mudah mengaitkannya pada kail.

Sebenarnya ikan lele di alam liar sangatlah rakus, hampir semua jenis makanan yang muat dimulutnya bisa dilahapnya bulat bulat, seperti kepiting kecil juga bisa dia lahap.

Jadi tidak perlu terlalu rumit untuk memancing ikan lele.

Umpan Tiruan atau Lure

Umpan tiruan juga bisa untuk memancing ikan lele. Jika Anda pemancing aktif yang tidak suka berdiam diri menunggu umpan dimangsa ikan, Anda bisa menggunakan lure atau umpar tiruan berikut ini.

Berkley Gulp! Catfish Shad Guts

memancing ikan lele dengan berkley gulp catifsh shad guts

Umpan tiruan buatan berkley tidak bisa diremehkan, pabrikan asal Amerika serikat satu ini sudah ahlinya dalam membuat umpan buatan atau lure. Bahan yang elastis dan berkualitas membuat soflure buatan berkley sangat terkenal.

Cara menggunakan Berkley Gulp! Catfish Shad Guts untuk casting juga tidak susah. Anda bisa menggunakan carolina rig atau jighead.

Cara memainkan umpan bisa dengan gulung reel sampai lure ditengah kemudian biarkan tenggelam sampai dasar kemudian ulangi. Atau bisa juga dengan gulung perlahan untuk menarik perhatian ikan lele.

Baca Juga : Cara Memilih Reel Pancing

Berkley PowerBait Catfish Chunks

Berkley PowerBait Catfish Chunks

Masih buatan berkley, tetapi kali ini Anda cukup jadi pemancing pasif tidak usah terlalu aktif dalam memainkan umpan seperti menggunakan softlure.

Claim pada kemasan, umpan dibuat menggunakan darah, hati dan tambahan aroma ikan. Tidak perlu menggunakan test lab untuk membuktikannya, karena aroma umpan ini sangat kuat, dan beberapa kali saya naikan ikan lele babon liar menggunakan umpan Berkley PowerBait Catfish Chunks.

Sepertinya bagus juga untuk mancing ikan lele galatama, mungkin nanti saya coba jika ada kesempatan.

Anda tidak usah terpaku pada brand tersebut, Anda bisa coba menggunakan brand lain dengan jenis yang merepresentasikan umpan ikan lele alami di habitatnya.

Umpan Memancing Galatama

Pada ikan lele galatama cukup susah memilih umpan yang tepat hal ini dikarenakan kebiasaan makanan yang cenderung berubah tidak seperti di alam liar habitatnya.

Terlebih jika di kolam lele galatama si empu kolam sering memberikan makanan olahan, bukan makanan alaminya.

Seperti pengalaman saya dahulu, seharian di kolam lele galatama tidak strike satu ekorpun. Tetapi pemancing sebelah saya berkali kali strike.

Ternyata kesalahan saya adalah menggunakan umpan alami dari ikan tersebut dan sebelah saya menggunakan olahan yang sudah dicampur dengan berbagai resep.

Sejak saat itu saya mencoba meramu berbagai racikan untuk umpan lele galatama.

Belut, Telur dan Margarin

Berawal dari coba coba, ternyata ampuh juga. Dan sukses menaikan beberapa ekor ikan lele galatama babon.

Kenapa menggunakan belut? Sebenarnya awalnya hanya iseng saja, saat sedang kepasar dan banyak penjual belut.

Bahan yang perlu Anda siapkan juga tidak terlalu susah, jika tidak ada belut Anda bisa menggantinya dengan daging ayam atau daging yang lain.

Tetapi saya belum sempat untuk riset menggunakan daging selain ayam dan belut.

Untuk membuatnya juga tidak susah, Anda hanya perlu memotong motong belut ukuran sedang kemudian tumis potongan belut menggunakan margarin.

Jangan terlalu lama saat menumis belut, karena menumis belut hanya untuk mengeluarkan aromanya. Jika sudah sedikit merah angkat dan masukan dalam wadah.

Ambil telur ayam lalu pisahkan kuning dengan putih telur dan ambil kuning telurnya saja.

Campurkan kuning telur pada wadah belut, aduk sampai tercampur rata. Jika sudah tercampur rata, umpan ikan lele galatama siap digunakan.

kunci dalam membuat umpan lele galatama ada pada aromanya, sungut pada ikan lele sangat sensitif untuk menemukan mangsanya.

Jika Anda sering memancing lele galatama, Anda memiliki kesempatan untuk mencoba berkreasi dengan bahan bahan yang ada dirumah.

Sekian, untuk artikel umpan ikan lele kali ini. jika nanti saya mempunyai kesempatan untuk memancing lele galatama dan hasilnya bagus akan saya tambahkan pada artikel ini.

Jika Anda memiliki pengalaman dalam kreasi membuat umpan galatama, silahkan komen dibawah.

Baca Juga : Cara Memancing Ikan Lele

Tinggalkan balasan