Cara Merawat Reel Pancing Spinning

merawat reel pancing

Umur reel pancing tergantung dari pemakaian dan perawatan, tidak peduli semahal atau secanggih apapun reel Anda. Merawat reel pancing secara berkala adalah keharusan agar reel tetap optimal.

Tidak jarang saya jumpai baik Shimano Stella maupun Daiwa Saltiga mengalami korosi bahkan dipenuhi garam pada bagian gear box, dan lagi lagi kesalahan dari owner karena tidak pernah merawat reelnya.

Meskipun kedua reel tersebut menggunakan material yang bagus, perlu diketahui bahwa tidak metal yang benar benar anti korosi.

Sistem seal pada Daiwa Saltiga dan Shimano Stella memang bagus, tetapi reel tersebut tidak didesain untuk terendam.

Baca Juga : Review Reel Daiwa BG SW

Rawat Reel Pancing Dengan Mencucinya

Jangan pernah membiarkan saja reel pada pouch atau tackle bag selama berhari hari setelah menggunakannya.

Saat memancing terlebih di air asin seperti laut atau pantai, air laut yang terbawa oleh senar dapat mengoksidasi material berbahan metal seperti line roller dan bagian lainnya.

Untuk menghindari korosi cuci reel menggunakan air tawar bersih setelah memancing.

Cara mencucinya cukup mudah. Anda hanya perlu sediakan tissue dan kanebo dan sabun lembut.

Sebelum mencucinya, pastikan bagian knob drag sudah terkunci rapat. Anda bisa menggunakan air mengalir seperti selang atau keran.

Baca Juga : Review Reel Shimano Stradic

Posisikan spool menghadap keatas ketika mencucinya untuk meminimalisir air masuk melalui celah pada rotor dan spool.

Alirkan air dari atas secara perlahan dan gosok ringan menggunakan tangan. Kemudian beri sabun lembut dan gosok perlahan.

Setelah rata, bilas menggunakan air bersih sampai tidak ada sisa busa pada reel.

Jika sudah dibilas dan bersih dari sisa sisa sabun, gunakan kanebo untuk menyerap air bilasan pada reel.

Setelah tidak ada sisa air, lepas bagian drag knob, spool dan handle. Gunakan tissue untuk membersihkan bagian tersebut, pada bagian dalam spool, drag knob, mainshaft, dan screw pada handle biasa terdapat sisa sia air.

Jika sudah tidak ada air pada sela sela reel keringkan dengan cara diangin anginkan pada ruangan dan hindari terkena sinar matahari langsung.

Apabila Anda berniat menyimpan reel dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepaskan senar pada spool agar tidak terjadi korosi karena pada bagian senar sering tersimpan sisa sisa garam yang dapat menyebabkan spool korosi.

Baca Juga : Senar Pancing Kecil Tapi Kuat

Bongkar Total Reel Secara Berkala

Maintenance juga perlu dilakukan secara berkala atau periodik. Buat jadwal perawatan total seperti tiap sesudah 10 kali penggunaan atau 5 kali penggunaan.

Jika reel tidak mengalami masalah, saya biasa melakukan perawatan reel pancing secara total setelah 10 kali penggunaan untuk dengan sistem seal yang bagus.

Tetapi untuk reel dengan sistem seal yang kurang atau tanpa seal, saya biasa melakukan perawatan total setelah 4 atau 5 kali pemakaian.

Membongkar reel secara berkala tidak berlaku jika reel tercemplung atau terendam. Jika reel terjatuh maka Anda harus membersihkan bagian dalam reel dan melakukan grease ulang.

Baca Juga : Umpan Ikan Lele

Jika Anda takut tidak bisa mengembalikan tiap part pada posisinya setelah membongkarnya, Anda bisa membaca schematic reel yang tersedia pada kemasan reel.

Atau saat membongkar reel, pastikan Anda membongkarnya tiap bagian, jangan langsung membongkar keseluruhan.

Anda bisa mulai dari membongkar bagian drag, bersihkan lalu pasang kembali pada posisinya. Setelah selesai dengan drag teruskan pada bagian lain satu persatu. Dengan cara ini bisa mempermudah Anda dalam menyusun kembali tiap bagian reel.

Membongkar reel secara berkala tidak berlaku jika reel tercemplung atau terendam. Jika reel terjatuh di air laut maka Anda harus membersihkan bagian dalam reel dan grease ulang.

Baca Juga : Review Reel Pancing Shimano Saragosa SW

Gunakan Grease Sesuai Standar dan Secukupnya

Sering saya temukan reel yang menggunakan grease kendaraan yang berbahan dasar petroleum dengan kekentalan diatas nlgi 4.

Karena pada reel banyak terdapat bagian plastik atau karet seperti pada seal, selalu gunakan grease standard reel. Menggunakan grease yang tidak semestinya dapat merusak sistem seal pada reel.

Gunakan grease secukupnya, tidak jarang saya bagian reel dipenuhi oleh grease sehingga mengganggu sistem mekanisme reel itu sendiri.

Baca Juga : Umpan Ikan Mas

pada bagian berputar seperti bearing gunakan oil dan pada bagian seperti gear gunakan grease.

Gunakan Reel Sebagaimana Mestinya

Sebagian besar kerusakan reel dikarenakan human error, bukan kesalahan manufaktur.

Jangan menyeret beban menggunakan kekuatan reel. Fungsi reel adalah menggulung senar dan menahan beban. Sedangkan untuk menarik beban ada pada joran, bukan pada reel.

Baca Juga : 16 Pilihan Reel Pancing Terbaik

Dan jangan menahan spool menggunakan tangan saat reel mendapatkan beban. Manufaktur sudah membuat drag dengan kemampuan seimbang dengan dengan part lain, menahan drag atau spool saat reel mendapat beban dapat menyebabkan kerusakan pada part seperti ociliation slider dan part lain.

Sekian, cara merawat reel pancing sederhana dari saya. Jika Anda memiliki pengalaman merawat reel silahkan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini.

Baca Juga : Cara Memilih Reel Pancing

Tinggalkan balasan