Cara Memilih Joran Pancing

Akhir akhir ini banyak pertanyaan seputar joran pancing yang masuk, mulai dari pertanyaan apakah joran pancing ini bagus sampai minta rekomendasi joran pancing yang bagus.

Sebelum post ini belum pernah menulis tentang joran atau membuat review joran pancing, dan tulisan ini merupakan artikel pertama yang membahas tentang joran pancing. Tetapi, kali ini saya tidak akan membuat review tentang joran pancing, melainkan akan membuat tulisan cara memilih joran pancing agar memudahkan kita membuat kriteria sebelum memilih joran pancing.

Memilih joran pancing bisa dibilang mudah tapi juga susah. Mudah karena bagian bagian pada joran pancing tidak sebanyak reel jadi memudahkan kita dalam menentukan pilihan, dan susah karena teknologi pada joran pada umum sama atau mirip.

Karena itu dibawah ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih joran pancing.

Sesuaikan Dengan Tujuan Mancing Anda

Tidak jarang saya temui penggunaan joran pancing yang tidak sesuai dengan peruntukannya, seperti penggunaan reel spinning untuk joran baitcasting, meskipun bisa dipasang tetapi hal tersebut akan sangat menyusahkan Anda dan berpotensi senar pancing putus dan mudah lelah saat memancing.

Joran pancing yang dibuat oleh produsen tackle sudah didesain agar sesuai dengan peruntukannya, jadi jangan salah memilih joran karena tidak membaca label yang ada pada joran.

Ada beberapa peruntukan joran, seperti joran jigging, joran casting, joran popping, joran travel dan joran ultralight.

Jadi jangan malas untuk membaca label pada joran dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan Style Anda dengan Action Joran

action joran pancing

Setiap orang memiliki style memancingnya masing masing, ada yang suka menaikan ikan dengan cepat, sedang dan bahkan ada yang suka untuk berlama lama melawan ikan untuk merasakan sensasi perlawanan ikan.

Secara umum ada 4, yaitu slow, moderate, fast dan extra fast. Action joran menentukan kelenturan joran dan sensitifitas bukan pada kekuatan joran.

Joran Slow

Joran pancing dengan action slow memiliki kelenturan paling ekstrem, dan dalam keadan melawan ikan dan joran akan melengung hingga area handle pada reel seat.

Jika Anda menyukai gaya mancing yang berlama lama melawan ikan untuk merasakan sensasi bertarung dengan ikan bisa memilih joran pancing dengan action slow.

Joran Moderate

Pada tipe joran pancing dengan action moderate memiliki kelenturan yang sedikit lebih kaku dibandingkan dengan joran pancing dengan action slow. Bending atau lengkungan joran tetap lentur tetapi biasanya tidak sampai pada bagian reel seat.

Joran pancing dengan action moderate cocok untuk Anda yang menyukai memancing dengan action biasa tidak terlalu kaku dan tidak terlalu lentur seperti joran slow.

Joran Fast

Joran pancing fast memiliki kelenturan yang lebih kaku dibandingkan dengan joran pada tipe moderate, bending atau kelenturan joran fast hanya pada bagian tengah keatas.

Jika Anda memiliki style mancing tidak ingin berlama lama melawan ikan maka joran fast cocok untuk Anda.

Joran Extra Fast

Joran pancing extra fast memiliki karakter paling kaku diantara action joran lainnya. Kelenturan joran ini biasanya hanya ada pada bagian atas saja dan senisitifitas terhadap gigitan ikan dibawah air tidak dapat didistribusikan ke handle.

Jika Anda memiliki karakter memancing dengan sangat cepat melawan ikan maka joran ini sangat cocok untuk Anda.

Material Joran Pancing

Setelah mengetahui tipe action joran, yang perlu Anda ketahui dalam memilih joran pancing adalah menentukan material joran pancing.

Secara umum bagian bagian joran pancing terdiri dari 5 bagian yaitu handle, reel seat, blank dan guide (cincin joran). saya akan bahas satu persatu mulai dari handle.

Handle

Handle joran berada dibagian bawah joran untuk memegang joran, material pada handle ada banyak dan umumnya menggunakan busa eva dan beberapa ada yang menggunakan karet. Kedua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Untuk handle terbuat dari bahan karet cenderung lebih tahan lama dari bahan eva tetapi bahan karet lebih berat. Umumnya brand besar joran menggunakan bahan eva dengan kualitas yang bagus tidak mudah rusak seperti bocel.

Reel seat

Reel seat merupakan bagian yang sangat penting pada joran, karena disanalah tempat reel bertumpu. Reel seat yang bagus dapat menopang reel dan tidak mudah bergeser saat digunakan untuk melawan ikan besar.

Material reel seat sendiri ada banyak varian, mulai dari plastik, aluminium dan titanium. Untuk mendapatkan joran pancing terbaik pilihlah joran pancing yang menggunakan bahan aluminium atau titanium. Dan salah satu produsen reel seat terbaik adalah fuji, sebagian besar produsen joran pancing menggunakan reel seat buatan fuji karena memiliki material dan kualitas yang baik.

Guide (Cincin joran)

Jangan remehkan material guide dalam memancing karena dapat memutuskan senar pancing. Guide yang baik dapat meminimalisir gesekan antara senar pancing dengan guide itu sendiri dan mengurangi potensi senar putus karena beban gesekan.

Guide memiliki dua bagian yaitu bagian dalam tempat gesekan senar dan bagian luar atau frame untuk menghubungkan dengan blank joran.

Ada banyak jenis material yang digunakan pada bagian dalam joran seperti keramik dan Silicon Carbid, dan yang terbaik adalah Silicon Carbid atau biasa disebut dengan SIC karena memiliki tingkat kekerasan tinggi yang dapat meminimialisir gesekan.

Sedangkan pada bagian luar atau frame umumnya menggunakan material aluminium dan titanium. keduanya sama bagus tetapi bahan titanium digunakan di joran menengah keatas.

Salah satu produsen guide terbaik adalah fuji, hampir semua produsen joran menggunakan guide buatan fuji untuk joran pancing terbaik mereka.

Material Blank

Blank merupakan bagian paling utama pada joran dan sebagai tempat semua bagian bagian lain bertumpu. Blank juga sebagai bagian yang menahan semua beban saat joran mendapatkan tekanan.

Material dari blank umumnya adalah karbon karena memiliki keseimbangan antara berat joran dan kekuatan dibandingkan dengan bahan fiber glass.

Memilih material blank juga harus teliti karena banyak produsen yang menggunakan karbon dengan kualitas yang kurang baik sehingga tidak dapat menahan beban yang seharusnya bisa ditahan dan juga memiliki action yang tidak nyaman.

Selain material yang perlu Anda teliti adalah konstruksi dari blank joran, ada dua konstruksi pada joran karbon yaitu hollow dan solid. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Joran solid cenderung lebih kuat dari joran hollow tetapi lebih berat dan lebih lentur daripada joran hollow. Lifting Power dari joran solid juga rendah.

Sehingga konklusi saya, joran dengan konstruksi lebih saya rekomendasikan karena memiliki kelebihan ringan, lifting power dan action.

Sekian artikel cara memilih joran pancing, jika ada pertanyaan atau saran jangan sungkan untuk tulis dikomentar dibawah.

Baca Juga : Kalender Mancing Terbaru

Tinggalkan komentar